5 Pesawat Tempur Era Perang Dunia II yang Terbaik Pada Masanya



Perang Dunia II menjadi perang yang paling brutal sepanjang sejarah, korban tewas pada saat Perang Dunia II mencapai 62 Juta orang termasuk wanita dan anak-anak. Sungguh suatu kejadian sejarah yang amat mengerikan.

Namun Perang Dunia II menyisakan sebuah kemajuan dalam hal teknologi khususnya teknologi penerbangan yang mengalami kemajuan yang lumayan pesat pada masa Perang Dunia II. Ini dibuktikan ketika banyak negara peserta Perang Dunia II mulai mengembangkan pesawat hasil karyanya masing-masing.

Dari banyak pesawat yang dikembangkan oleh negara peserta Perang Dunia II, berikut 5 pesawat tempur terbaik pada Perang Dunia II ;



1.) Ilyushin Il-2 Shturmovik



Pesawat serang yang diproduksi Uni Soviet ini mungkin menjadi pesawat militer tunggal yang paling banyak diproduksi dalam sejarah penerbangan. Ini dibuktikan ketika Uni Soviet dapat membangun 36.183 unit pesawat dalam rentang waktu 1941-1945 dalam upaya menghadapi Jerman pada Perang Dunia II.

Sebagai pesawat serang Il-2 juga sering dijuluki sebagai “tank terbang” karena pesawat ini memiliki kemampuan untuk dapat bertahan dari serangan-serangan musuh, ini dikarenakan Il-2 memiliki baja dengan ketebalan 5-12 mm yang menyelimuti kokpit dan mesin sehingga dapat menangkis serangan musuh dari darat maupun udara. Meskipun begitu, resiko kematian pilot untuk pesawat ini juga cukup tinggi.

Uniknya pesawat ini memiliki senapan mesin yang mengarah ke belakang pada kokpitnya, sehingga pesawat ini dapat mengantisipasi serangan musuh dari belakang dan menjadi suatu kerugian pada pesawat musuh yang menyerang dari belakang.



2.) P-51 D Mustang




Pesawat yang dibuat Amerika Serikat pada Perang Dunia II ini menjadi pesawat yang melegenda pada zamannya. Tak hanya Amerika Serikat yang menggunakannya pada Perang Dunia II, Inggris pun menggunakannya untuk melengkapi pertahanan udaranya guna menghadapi Angkatan Udara Jerman (Luftwaffe).

P-51 D Mustang digunakan oleh pasukan udara sekutu dalam beberapa panggung pertempuran yang terjadi selama Perang Dunia II seperti di kampanye Afrika Utara, Mediterania, Italia, serta Pasifik. P-51 D Mustang juga diklaim telah menghancurkan 4.950 pesawat musuh selama Perang Dunia II berlangsung.

P-51 D Mustang juga didesain sebagai pesawat yang mampu untuk bermanuver serta memiliki kemampuan untuk menghancurkan target dengan persenjataan yang telah terpasang pada pesawat ini.

Tak hanya digunakan negara-negara peserta Perang Dunia II, P-51 D Mustang juga kabarnya pernah digunakan Indonesia dalam perjuangan melawan Belanda. Dan justru pesawat tersebut adalah hibah dari Belanda untuk Indonesia.



3.) Mitsubishi A6M Zero


Mitsubishi A6M Zero atau juga bisa disebut sebagai Mitsubishi A6M Rei-sen ini dioperasikan oleh Angkatan Laut Jepang sebagai pesawat serang berbasis kapal induk pada Perang Dunia II. Dinamakan Zero/Reisen yang berarti angka nol karena mengacu digit terakhir pada tahun kekaisaran 2600 (1940) ketika pesawat ini memasuki layanan Angkatan Laut Kekaisaran Jepang.

Pesawat Zero memiliki reputasi yang baik dalam kemampuan dogfighter nya, rasio kill nya luar biasa sehingga dapat mencapai 12 banding 1. Tak hanya itu pesawat ini juga digunakan dalam operasi kamikaze oleh Jepang guna menghancurkan kapal perang sekutu.

Pesawat ini digunakan Jepang secara luas dalam panggung pertempuran di Pasifik, sebagai contoh Jepang mengunakannya dalam pertempuran Midway dan Iwo Jima, dan bahkan Jepang juga menggunakannya pada penyerangan Pearl Harbor yang menjadi awal dari pertempuran Pasifik.

4.) Supermarine Spitfire

Supermarine Spitfire merupakan pesawat tempur buatan Inggris yang banyak digunakan oleh negara-negara sekutu lainnya pada saat sebelum Perang Dunia II atau pun saat terjadi dan berakhirnya Perang Dunia II.

Supermarine Spitfire dipersenjatai oleh berbagai macam senapan mesin dan meriam yang terpasang pada sayapnya. Sebagai pesawat tempur, Supermarine Spitfire memiliki segala kemampuan seperti kecepatan, manuver, jarak jangkauan, serta persenjataan yang memadai.

Dengan pesawat Supermarine Spitfire, Inggris mampu menghalau pesawat-pesawat Jerman yang pada saat itu digunakan Jerman untuk menginvasi Inggris. Tak hanya itu, Inggris juga menggunakan pesawat ini sebagai pesaawat pengintai yang dapat mengumpulkan data-data intelejen yang penting dalam menghadapi Jerman.

5.) Messerschmitt Bf 109 
 

Pesawat tempur Jerman pada Perang Dunia II ini menjadi pesawat yang memiliki kemampuan luar biasa pada zamannya. Pesawat ini pertama kali memasuki layanan operasional pada tahun 1937 dan masih beroperasi sampai pada tahun 1945.

Adapun untuk persenjataannya pesawat Bf 109 memiliki berbagai macam senjata yang terdiri dari : senapan mesin MG 131, meriam MG 151/20, meriam MK 108, roket Wfr. Gr. 21, bom 250 kg, serta bom 4 x 50 kg.

Dengan persenjataan beratnya pesawat ini dikhususkan untuk melakukan tugas sebagai pesawat pencegat, pengawal pesawat bomber, pesawat bomber, pesawat serang darat, serta pesawat pengintai.

Tak hanya persenjataannya yang luar biasa, pesawat ini juga memiliki kemampuan bermanuver yang luar biasa. Pesawat ini juga didesain dengan body yang ringan sehingga pesawat ini dapat terbang dengan kecepatan yang lebih cepat dibandingkan pesawat lainnya yang lebih berat.

Untuk pengoperasiannya pesawat ini memiliki peranan penting dalam jalanya Perang Dunia II. Pesawat ini pernah digunakan dalam banyak panggung pertempuran yang terjadi selama Perang Dunia II. Dan bahkan pesawat juga ini pernah digunakan dalam Perang Saudara Spanyol.

Share this:



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Terjadinya Perang Korea 1950-1953

Sturmtiger, Tank Artileri Kelas Berat Jerman Pada Perang Dunia II