5 Tank Terbaik dan Terkuat Pada Perang Dunia II




Perang Dunia II pastinya tidak terlepas dari penggunaan tank sebagai alat tempur. Tank digunakan sebagai tulang punggung pertahanan darat dan juga sebagai pelindung pasukan infanteri. Dan pada Perang Dunia II tank memainkan peranan penting dalam jalannya pertempuran pada Perang Dunia II.

Diantara tank-tank yang digunakan pada Perang Dunia II, berikut adalah 5 tank terbaik dan terkuat yang digunakan pada Perang Dunia II.

1.) Tiger I

  

Tiger I atau juga bisa disebut sebagai Panzerkampfwagen VI Tiger Ausf. E merupakan salah satu tank berat buatan Jerman pada Perang Dunia II. Tank ini dirancang oleh Erwin Aders dan diproduksi oleh pabrikan Henschel.

Sebagai tank berat Tiger I memiliki kemampuan untuk menangkis serangan dari senjata anti tank, ini dikarenakan Tiger I memiliki pelindung lambung setebal 100 mm dan pelindung turret setebal 100 mm ditambah dengan pelat sisi lambung setebal 60 mm serta pelindung atas dan bawah setebal 25 mm.

Untuk persenjataannya tank Tiger I menggunakan senjata KwK 36 kaliber 8,8 cm. Dengan senjata tersebut Tiger I dapat menembus armor dari tank T 34 milik Uni Soviet dan Tank M4 Sherman milik Amerika Serikat.

Namun dengan armor dan persenjataan yang berat tank Tiger I jadi hanya mampu bergerak dengan kecepatan yang relatif lambat dan rentan pada kemogokkan. Tetapi, dari segala kekurangan dan kelebihannya tank Tiger I menjadi salah satu tank terbaik pada zamannya.

2.) T 34



Tank T 34 menjadi tank andalan Uni Soviet dalam menghadapi Jerman pada Perang Dunia II. Tank ini diproduksi secara besar-besaran oleh Uni Soviet dalam rangka perang melawan Jerman yang pada saat itu menginvasi Uni Soviet. Tank T 34 diperkirakan telah diproduksi sebanyak 84.070 unit.

Tank T 34 memiliki keunggulan seperti mobilitas yang tinggi, perlindungan yang kuat, serta kombinasi daya tembak yang besar. Tank T 34 memiliki desain tank paling efektif dan efisien. Dari segala kemampuannya tank ini juga disebut sebagai tank terbaik di dunia oleh Ewald von Kleist seorang jenderal Jerman yang pada saat itu mengamati tank T 34.

Dengan kemampuan yang begitu luar biasa tank T 34 menjadi tank yang secara teknis menguntungkan Uni Soviet sebagai pengguna utamanya. Meskipun begitu tank T 34 tidak cocok untuk menghadapi tank sekelas Tiger I dan Panther.

3.) M4 Sherman



M4 Sherman merupakan tank medium yang secara luas digunakan Amerika Serikat beserta negara-negara sekutunya. Dinamakan sebagai Sherman, tank ini mengambil nama dari seorang jenderal Perang Sipil Amerika yaitu William T. Sherman.

Tank M4 Sherman menjadi tank yang paling umum digunakan oleh negara-negara sekutu diberbagai pertempuran yang terjadi selama Perang Dunia II. Tak hanya itu tank M4 Sherman banyak dikirim ke negara Persemakmuran Inggris dan bahkan Uni Soviet melalui program Lend-Lease.

Angka produksi dari tank M4 Sherman menyentuh angka 50.000 unit, yang menjadikan salah satu tank yang paling banyak diproduksi selama Perang Dunia II bersamaan dengan tank T 34 miliki Uni Soviet.

4.) Panther



Tank Panther atau bisa desebut sebagai Panzerkampfwagen V Panther menjadi salah satu tank medium Jerman yang digunakan selama Perang Dunia II dari tahun 1943 hingga pada tahun 1945 yang menjadi akhir dari Perang Dunia II.

Tank Panther dipersenjatai dengan senjata utama KwK 42 berkaliber 7,5 cm yang mampu menggunakan tiga jenis amunisi sekaligus, diantaranya adalah: APCBC – HE (Pzgr.36/42), HE (Sprgr.42), serta APCR (Pzgr. 40/42).

Untuk perlindungannya tank Panther memiliki pelindung depan setebal 80 mm yang dimiringkan 55 derajat secara vertikal, ini dimaksudkan agar tank Panther dapat melakukan penetrasi dari tembakan-tembakan senjata anti tank musuh.

Selain itu tank Panther juga memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan dengan tank Tiger I dan ini menjadikan tank Panther lebih efisien. Dengan begitu tank Panther menjadi salah satu tank terbaik yang pernah digunakan selama Perang Dunia II.

5.) Comet I



Comet I adalah tank cruiser yang diproduksi oleh Inggris pada akhir Perang Dunia II tepatnya pada September 1944. Walaupun tank ini diproduksi menjelang akhir Perang Dunia II tank ini cukup efektif dalam menghadapi tank Jerman.

Sebagai tank cruiser, Comet I dipersenjatai oleh senjata 77 mm HV yang efektif melawan tank Jerman pada akhir perang. 77 mm HV juga lebih unggul dibandingkan 75 mm KwK 42 milik tank Panther.

Karena keunggulannya tank Comet I menjadi salah satu tank Inggris terbaik dalam Perang Dunia II dan tetap beroperasi setelah berakhirnya Perang Dunia II. Tak hanya itu tank ini juga diekspor ke berbagai negara didunia.

Share this:



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Terjadinya Perang Korea 1950-1953

5 Pesawat Tempur Era Perang Dunia II yang Terbaik Pada Masanya

Sturmtiger, Tank Artileri Kelas Berat Jerman Pada Perang Dunia II