Konferensi Potsdam


Konferensi Potsdam atau Perjanjian Potsdam merupakan pertemuan yang menandakan akhir dari Perang Dunia II. Perjanjian Potsdam diadakan antara Sekutu dengan Jerman Nazi yang kala itu telah terlibat dalam Perang Dunia II. Perjanjian ini diselenggarakan di Potsdam, Jerman pada tanggal 2 Agustus 1945 yang dihadiri oleh tiga tokoh dari ketiga negara sekutu yang terlibat Perang Dunia II yaitu Harry S. Thruman (presiden Amerika Serikat), Joseph Stalin (sekretaris partai komunis Uni Soviet), dan Clement Attlee (perdana menteri Inggris). 



Konferensi Potsdam dilakukan setelah sebelumnya juga telah dilakukan beberapa konferensi, seperti konferensi Yalta, Casablanca, dan Teheran. Dari Konferensi Potsdam beberapa keputusan dihasilkan, antara lain sebagai berikut :


1. Jerman dibagi dalam 4 daerah pendudukan yakni bagian timur oleh Uni Soviet, bagian barat oleh Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis. Kota Berlin yang terletak di tengah-tengah daerah pendudukan Uni Soviet, dibagi 4 bagian yakni Berlin Barat (Amerika Serikat, Inggris, Perancis) Berlin Timur (Uni Soviet). 

2. Danzig dan daerah Jerman sebelah timur Sungai Oder dan Neisse diberikan kepada Polandia. 

3. Angkatan Perang Jerman harus dikurangi jumlah tentara dan peralatan militernya (demiliterisasi).

4. Penjahat perang, yakni tokoh-tokoh Jerman Nazi harus dihukum di bawah pengawasan internasional.

5. Jerman harus membayar kerugian perang kepada Sekutu.


Share this:



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Terjadinya Perang Korea 1950-1953

5 Pesawat Tempur Era Perang Dunia II yang Terbaik Pada Masanya

Sturmtiger, Tank Artileri Kelas Berat Jerman Pada Perang Dunia II